Bagaimana Kita Bisa Mendengar Bunyi?

Bagaimana Kita Bisa Mendengar Bunyi?

Sebelum membaca tulisan ini, coba pejamkan mata kamu. Fokus dan dengarkan suara yang ada di kurang lebih kamu. Apa yang kamu dengarkan? Suara air yang mengucur berasal dari selang. Derap langkah kaki. Panggilan Ayahmu. Bunyi notifikasi handphone. Sirine ambulans. Bunyi kompor yang dinyalakan berasal dari dapur. Ketukan kayu tukang bakso di depan rumah.

Walaupun seutuhnya terkesan random dan terlihat berasal dari beraneka macam hal, sebenarnya, suara yang kamu dengar berasal berasal dari satu hal yang sama: getaran.

Ya, sebenarnya, bunyi yang kami dengar adalah gelombang longitudinal yang mempunyai energi yang dihasilkan oleh suatu getaran.

Tiang yang dipukul gunakan palu, misalnya. Ketika kami memukulkan palu ke sebuah besi, besi itu akan menghasilkan getaran yang terlalu cepat. Saking cepatnya, mata kami tidak dapat melihatnya. Getaran ini pada akhirnya beralih menjadi gelombang yang mengalir lewat hawa (medium) dan, pada akhirnya, hingga ke gendang telinga kita. Baru deh, berasal dari sana, otak terima rangsangan dan mengenalnya sebagai bunyi.

Sekarang kamu sudah tahu, kan, bagaimana bunyi yang ada di kurang lebih kami dapat hingga diterjemahkan oleh otak. Tetapi, tidak seluruh makhluk hidup kayak gini ya. Ada lebih dari satu hewan yang merasakan getaran itu bukan lewat daun telinga. Ular dan semut, misalnya.

Lalu bagaimana sih bunyi itu dapat muncul? Bagaimana, dalam ilmu fisika, segala sesuatu itu disebut sebagai bunyi? Untuk menjawabnya, kami mempunyai 3 syarat terjadinya bunyi:

Sumber Bunyi

Tentu, layaknya dikala kamu memejamkan mata tadi, bunyi yang kamu dengar pasti bersumber berasal dari suatu hal. Bisa berasal dari ketukan kayu, pita suara orang lain, dentingan bel, langkah kaki, dan banyak lagi. Semua benda tadi bergetar, makanya menghasilkan bunyi. Jadi, terkecuali dipikir-pikir, pepatah yang menjelaskan “Tong kosong nyaring bunyinya” itu aneh ya?

Kok aneh?

Berlandaskan syarat terjadinya bunyi ini, selayaknya tong itu nggak berbunyi dong.

Ya, dia kan hanya tong kosong aja. Dia tong. Dan dia… kosong. Salahnya di mana? Kok dapat nyaring bunyinya? Kecuali, terkecuali tong itu dipukul. Baru deh menghasilkan getaran dan bunyinya terdengar nyaring. Apalagi terkecuali mukulnya di dekat gendang telinga teman kita. Nyaring banget pasti.

Medium Perantara

Seperti yang sudah ditulis di awal, gelombang ini butuh medium untuk dapat merambat hingga ke telinga kita. Bisa bersama udara, air, maupun gas. Makanya, di luar angkasa kami tidak dapat mendengarkan apa-apa. Soalnya, kan, di luar angkasa hampa udara.

Penerima Bunyi

Ini memahami dong. Untuk dapat “merasakan” bunyi, harus ada objek yang menjadi penerima. Maksudnya gimana tuh? Ya, maksudnya, harus ada orang di kurang lebih bunyi itu. Begini contohnya. Kamu tengah membaca tulisan ini, lalu di tengah-tengah membaca, kamu teriak, ‘AKU GANTENG ABIS!’

Di dalam ilmu fisika, bunyi yang kamu keluarkan baru dapat dianggap ada, andaikata ada orang lain yang mendengarkan suara teriakan kamu. Kalau kamu di rumah sendirian, berkenan teriak kayak apa juga orang lain tidak beranggap kamu mengeluarkan bunyi. Maka, suara kamu, tidak dianggap berbunyi.

Contoh lain, deh. Misalnya, kamu memirsa acara lawak di televisi. Di sebuah adegan, Sule memanggil Pak Haji Bolot.

‘Pak Haji, bantuin saya membuat kopi dong!’

‘Apa?’

‘Bantuin membuat kopi!’

‘Ha?’

‘BIKIN KOPI!’

‘Gimana?’

‘KOPI!’

‘Le… Ane berkenan membuat kopi nih. Ikut gak?’

‘AUK AH!’

Pada masalah di atas, ucapan Sule yang tidak terdengar oleh Pak Haji Bolot itu tidak dianggap ada sebab Pak Haji Bolot tidak mendengarnya.

Nah, itu dia penyebab bagaimana kami dapat mendengar bunyi. Jangan lupa ya, syarat terjadinya bunyi ada 3 hal.

Selengkapnya : https://www.biologi.co.id/

Sejarah Runtuhnya Vietnam Selatan dan Bersatunya Vietnam

Sejarah Runtuhnya Vietnam Selatan dan Bersatunya Vietnam

kamu menyadari nggak sih terkecuali Vietnam jadi cuma satu negara di Asia Tenggara yang berhasil lolos ke babak semifinal persaingan Sepakbola Asian Games 2018? Kalau kamu pecinta sepakbola pasti menyadari dong yaa. Nah, sehabis negaranya lolos ke babak semifinal, masyarakat Vietnam segera merayakannya dengan sangat gembira, tepat di hari Vietnam mengalahkan Suriah dengan skor 1-0.

Keberhasilan Vietnam bisa mencapai babak semifinal tentunya tidak terlepas dari stimulus perjuangan para pemain, perlindungan yang besar masyarakatnya, dan termasuk kepercayaan yang diberikan oleh pelatih serta pemerintah. Sebelum sampai seperti sekarang ini, Vietnam memiliki sejarah yang panjang lho. Kamu menyadari nggak terkecuali pernah itu Vietnam terpecah, terbagi jadi 2 bagian, yakni Vietnam Utara dan Vietnam Selatan? Kalau belum tahu, di artikel ini kami bahas yuk bagaimana Vietnam bisa bersatu dan seperti apa sih Vietnam Utara dan Vietnam Selatan itu.

Awal berdirinya Vietnam Selatan itu dikala Perancis berusahan mendirikan negara-negara boneka di kawasan Indocina di akhir Perang Dunia ke II. Dengan kehadiran Vietnam Selatan, otomatis membawa dampak Vietnam terpecah. Hal itu membawa dampak Ho Chi Minh sangat marah, karena ia mengidamkan Vietnam jadi negara yang merdeka dan utuh. Kemudian terjadilah perang Indocina I pada tahun 1946-1954, yakni antara Vietnam Utara yang dapat dukungan oleh Tiongkok dan Vietnam Selatan dapat dukungan oleh Perancis.

Vietnam Utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh mendapat pengakuan dari Rusia dan Tiongkok pada tanggal 31 Januari 1950. Kemudian Vietnam Selatan yang dipimpin oleh Bao Dai termasuk mendapat pengakuan dari Amerika Serikat dan Inggris pada 7 Februari 1950, namun di satu sisi sebagian besar rakyat tidak mau mengakuinya.

Lalu apa yang membawa dampak Vietnam Selatan runtuh? Dan bagaimana selanjutnya Vietnam bersatu?

Nah puncaknya adalah dikala lagi terjadinya perang Indocina II. Ho Chi Minh lagi jalankan serangan kepada Vietnam Selatan dengan perlindungan Uni Soviet. Kenapa Ho Chi Minh bersikeras mengidamkan menghancurkan Vietnam Selatan? Hal itu ia jalankan karena Vietnam Selatan dianggap sebagai penghalang persatuan Vietnam yang telah ia cita-citakan.

Dengan terdapatnya serangan itu, Amerika Serikat pun turut turun tangan mendukung Vietnam Selatan, karena mereka masih berkepentingan pada lokasi tersebut. AS yang berupaya mempertahankan lokasi Vietnam Selatan, konsisten memberi tambahan perlindungan pasukannya. Akibatnya, perang Indocina II yang besar pun tidak lagi bisa dihindari dan berlangsung pada tahun 1957-1975, cukup lama ya

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan, selanjutnya kedua belah pihak menentukan untuk berunding dan jalankan gencatan senjata pada tahun 1970. Perundingan itu diikuti oleh Vietnam Utara, Vietnam Selatan, dan Amerika Serikat di Paris. Kemudian pada menyadari 1972, diumumkan oleh AS bahwa Indonesia, Kanada, Hongaria, dan Polandia jadi pengawas gencatan senjata di Vietnam.

Perundingan yang hampir mencapai kesepakatan itu ternyata dilanggar. Tiba-tiba saja Vietnam Utara menyerang Vietnam Selatan secara tiba-tiba. Amerika Serikat pun marah, sesudah itu Presiden Richard Nixon memerintahkan pasukannya untuk meranjau seluruh lantas lintas laut dan termasuk menghancurkan seluruh jalur komunikasi dan transportasi Vietnam Utara. Karena mendapat serangan tersebut, selanjutnya Vietnam Utara menyepakati gencatan senjatanya. Perjanjian itu disebut sebagai Persetujuan Paris, dan ditandatangani pada 27 Januari 1973.

Sebenarnya Perang Vietnam ini telah hampir berakhir lho pada bulan April 1975. Namun, pada 18 April 1975 Vietnam Utara lagi mengancam lokasi Vietnam Selatan, dan lokasi yang dituju adalah Saigon, ibu kota Vietnam Selatan. Masyarakat Vietnam Selatan pun panik dan merasa mengungsi ke lokasi AS manfaatkan lima kapal induk Armada yang dikirimkan AS.

Presiden Vietnam sempat berubah 2 kali, pertama yakni bergantinya Nguyen Van Thieu ke Tran Van Huong. Nguyen Van Thieu adalah presiden yang menandatangani Persetujuan Paris karena AS berjanji mengirim pesawat B-52 yang bakal mengebom Vietnam Utara terkecuali jalankan pelanggaran. Namun hal itu tidak dilaksanakan oleh AS, dan Vietnam Selatan kekurangan kemampuan militernya.

Saat perlindungan dari AS tidak datang, Vietnam Utara makin di atas angin. Kemudian pada 28 April 1975, Tran Van Houng digantikan oleh Duong Van Minh sebagai Presiden Vietnam Selatan. Namun, baru sehari memimpin, wilayahnya segera di serang oleh pasukan gerilya Vietnam Utara yakni Vietcong. Wilayah yang jadi tujuan serangan Vietcong adalah Saigon.

Pada selanjutnya pasukan Vietnam Selatan kalah akibat hujan tembakan artileri yang dilaksanakan oleh Vietcong. Akhirnya pasukan Vietnam Utara merasa mendiami posisi-posisi mutlak di Saigon dan mengibarkan bendera mereka di istana kepresidenan Vietnam Selatan pada 30 April 1975. Hal itu pertanda menyerahnya pemerintahan Vietnam Sealtan tanpa syarat kepada Vietcong, dan kejatuhan Saigon pun pertanda berakhirnya Perang Vietnam dengan kemenangan Vietnam Utara. Hal ini jadi periode awal transisi Vietnam jadi satu negara yang utuh.

sejarah berdiri sampai runtuhnya Vietnam Selatan. Kalau kamu perhatikan, sebetulnya peperangan yang berlangsung di Vietnam ini merupakan peperangan keperluan Blok Barat dan Blok Timur. Dari kedua lokasi Vietnam tersebut, keduanya berada di bawah bayang-bayang negara lain. Hingga selanjutnya Vietnam jadi negara yang utuh dan bersatu pada 1976. Nah terkecuali secara politik, ini jadi penanda kemenangan Blok Timur pada Blok Barat di Asia Tenggara, dan Vietnam jadi negara komunis.

Selengkapnya : https://www.gurukelas.co.id/

5 Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah

5 Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah

Rekan Kerja, tentu Anda sering mendengar ungkapan bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting. Hal itu tidak salah, gara-gara pendidikan sanggup menolong Anda untuk memperoleh pekerjaan yang baik.

Namun, tidak semua orang mempunyai nasib baik untuk sanggup mempunyai pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Beberapa orang harus bekerja terlebih dahulu untuk sanggup melanjutkan pendidikan atau kerja sambil kuliah.

Hal selanjutnya tentu tidak ringan gara-gara Anda harus mempersiapkan tenaga ekstra untuk sanggup membagi waktu antara kerja dan kuliah. Namun jangan menyerah, Rekan Kerja! Wujudkan mimpi Anda mempunyai pendidikan tinggi sambil bekerja bersama tips selanjutnya ini:

1. Pertimbangkan ambil kelas online

Pertimbangan pertama seseorang kerja sambil kuliah adalah waktu. Banyak orang mundur untuk ulang berkuliah gara-gara kuatir tidak sanggup membagi waktu antara kuliah dan bekerja.

Padahal jikalau Anda lebih jeli mencari, kini sebagian kampus sudah mempunyai program kuliah spesifik karyawan. Beberapa program tawarkan pilihan kuliah di malam hari, kuliah di akhir pekan, hingga kuliah daring/online.

2. Buat jadwal kegiatan setiap harinya

Setelah memutuskan untuk ulang kuliah sambil kerja, hal selanjutnya yang harus Anda melaksanakan adalah memicu jadwal. Melansir Thomsonreuters, menyusun jadwal yang tentu sanggup menolong Anda untuk membagi waktu antara bekerja bersama mengerjakan tugas kuliah. Hal ini terhitung dapat memicu Anda studi manajemen waktu dalam menentukan kapan harus menyelesaikan tugas kuliah tanpa mengganggu pekerjaan waktu ini.

3. Cari pemberian cost pendidikan

Kembali kuliah waktu sudah bekerja tentu mengharuskan Anda untuk membiayai sendiri semua cost pendidikan. Meskipun sebelumnya sudah menabung, tetapi ada baiknya Anda mencari mengetahui apakah pihak perusahaan sanggup menolong cost kuliah atau tidak.

Beberapa perusahaan biasanya mempunyai kebijakan sendiri untuk menolong mengimbuhkan cost pendidikan bagi karyawannya yang ulang kuliah. Jika perusahaan Anda mempunyai kebijakan itu, tidak ada salahnya memanfaatkan hal selanjutnya untuk menghemat cost kuliah.

4. Konfirmasi pihak perusahaan

Tidak sanggup dipungkiri, kerja sambil kuliah kadang waktu sanggup memicu Anda keteteran. Terlebih waktu era ujian tiba, kadang Anda dapat membutuhkan waktu ekstra untuk studi atau dituntut untuk berkunjung lebih awal ke kampus.

Agar pekerjaan Anda tidak terganggu, maka sebaiknya pastikan atasan dan pihak perusahaan mengetahui suasana Anda yang ulang berkuliah. Hal ini penting sehingga pihak perusahaan sanggup lebih mengetahui suasana jikalau suatu waktu perkuliahan menuntut waktu lebih.

Ingat, pemberian dari atasan dan kolega Anda di kantor sangat penting. Karena itu bersikaplah jujur dan terbuka terhadap suasana Anda waktu ini yang ulang kuliah sambil bekerja. Anda terhitung sanggup menegaskan atasan di kantor bahwa pengetahuan yang didapatkan di kampus mempunyai kegunaan untuk menolong pekerjaan Anda.

5. Gunakan pekerjaan kantor sebagai tugas

Tips lain yang sanggup Anda melaksanakan sehingga kerja sambil kuliah sanggup berlangsung lancar adalah menghubungkan antara pekerjaan kantor bersama tugas. Seringkali tugas kuliah mengharuskan Anda untuk memicu laporan pemikiran berdasarkan kegiatan perusahaan yang sudah ada.

Anda sanggup memanfaatkan hal selanjutnya untuk menjadikan proyek di kantor sebagai bahan tugas. Selain menyelesaikan tugas kuliah, Anda terhitung sanggup mengimbuhkan masukan yang sanggup disampaikan terhadap atasan di kantor.

Itu tadi 5 tips berhasil kerja sambil kuliah yang sanggup Rekan Kerja coba terapkan. Ingat, tidak dulu ada kata terlambat untuk studi samasekali Anda sudah bekerja sekarang. Tetap semangat, buat obyek pasti, dan studi manajemen waktu sehingga kehidupan kerja dan kuliah Anda sanggup berlangsung seimbang.

Baca Juga :

Perusahaan Apple Akui Ada Cacat Pada iPhone X dan MacBook

Apple Akui Ada Cacat Pada iPhone X dan MacBook – Apple mengakui ada sebanyak masalah pada beberapa iPhone X dan MacBook Pro 13 inci buatannya. Atas masalah tersebut, Apple menjanjikan akan menyerahkan perbaikan secara cuma-cuma kepada pemakai yang terdampak.

Dilaporkan Reuters, secara mendetail Apple menyatakan permasalahan pada layar sentuh iPhone X yang merasakan kegagalan komponen.

Apple meyakinkan masalah itu meimpan iPhone X generasi kesatu yang diluncurkan pada tahun 2017. Layar ponsel yang bermasalah diadukan tidak dapat merespons sentuhan atau bahkan dapat berekasi walau tidak disentuh pemakai.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini menegaskan masalah hanya didatangi pada iPhone X, sedangkan generasi penerusnya yaitu iPhone XS, XS Max, dan XR dinamakan tidak merasakan masalah serupa.

Sementara guna MacBook Pro 13 inci, Apple menuliskan masalah menyebabkan pemakai kehilangan data dan kegagalan drive storage. Apple menuliskan unit yang terdampak bisa jadi tidak banyak, yaitu varian penyimpanan 128 GB dan 256 GB yang dipasarkan antara Juni 2017 sampai Juni 2018.

Belakangan, Apple merasakan sejumlah isu pada produk besutannya yan telah dipasarkan. Tahun lalu, Apple menginisiasi program penggantian baterai secara besar-besaran setelah sebanyak iPhone mengalami tantangan perlambatan kinerja.

Sedangkan pada Juni lalu, perusahaan pun menawarkan penggantian cuma-cuma untuk kibor pada sejumlah model MacBook dan MacBook Pro.

Sejumlah pemakai lewat media sosial sebelumnya mengeluhkan adanya masalah pada kibor yang dirasa terlampau berisik dan tidak bisa bermanfaat dengan benar ketika dipakai untuk mengetik. Atas masalah ini, Apple lantas mengumumkan penggantian cuma-cuma pada pemakai MacBook dan MacBook Pro yang terdampak.

Sumber : https://www.bahasainggris.co.id/

Cara manjakan kulit dan rambut di tengah cuaca panas

Cara manjakan kulit dan rambut di tengah cuaca panas – Cuaca panas yang tak kunjung berakhir sejumlah bulan terakhir memang terasa tak nyaman. Tak melulu kondisi tubuh yang jadi tak prima, kulit dan rambut juga demikian.

Suhu udara yang buat gerah menciptakan kulit ingin kusam dan kering. Untuk sejumlah orang malah terasa lebih lengket sebab produksi keringat juga meningkat. Sementara rambut jadi lebih gampang berminyak dan lepek. Ketombe juga jadi hadir lagi.

Saat cuaca panas, tak terdapat salahnya andai kita tidak banyak memanjakan rambut dan kulit. Terutama di akhir minggu ketika waktu luang berlimpah. Berikut ini sejumlah jenis perawatan yang dapat kamu coba seraya bersantai di rumah.

Ice facial
Untuk menyejukkan dan membalikkan rona segar pada wajah, jajaki ice facial. Bersihkan kulit wajah dari saldo makeup terlebih dahulu, lantas usapkan es batu pada semua area wajah dan leher. Lakukan hingga es batu meleleh.

Di samping es batu dari air mineral biasa, anda juga dapat menggunakan es batu dari air matang yang dibaur dengan sari jeruk nipis, lemon, air mawar, getah lidah buaya, mint, atau seduhan teh.

Setelah mengerjakan ice facial, wajah bakal terasa lebih segar dan kencang secara instan. Perawatan ini juga dapat dilakukan kapan saja ketika wajah tampak kusam dan terasa kendor.

Pakai sheet mask yang telah didinginkan di dalam lemari es
Bersantai dengan wajah tertutup sheet mask memang bisa buat perasaan lebih enak. Apalagi bila wanginya enak dan menyerahkan sensasi dingin.

Agar wajah yang telah difacial dengan es batu tetap ternutrisi, gunakan sheet mask dengan bahan-bahan penyejuk laksana ekstrak lidah buaya, bambu, timun, atau apel. Diamkan di dalam lemari es terlebih dahulu supaya terasa semakin dingin. Tinggal dipakai, terus baring-baring seraya nonton TV atau baca buku.

Keramas dengan sampo menthol
Saat kulit kepala terasa gatal dan rambut berminyak, penyelesaian instan yang dapat ditempuh ialah keramas.

Sekarang sudah tidak sedikit sampo yang memakai bahan alami penyejuk kulit kepala. Misalnya saja apel, mint, lemon, dan aloe vera. Keramas dengan produk laksana ini bisa buat kulit kepala sejuk. Rambut pun akan terasa ringan.

Balur kaki dengan foot mask
Membalur kedua kaki dengan foot mask pun termasuk jenis perawatan yang sesuai untuk memanjakan diri di cuaca panas.

Foot mask dengan bahan-bahan alami akan bikin kaki terasa lebih rileks, lembut, dan harum. Apalagi kalau diciptakan sendiri dengan mint atau teh. Aloe vera gel dalam kemasan juga dapat kamu pakai sebagai foot mask.

Oleskan gel lotion
Cuaca gerah buat kamu malas mengoleskan lotion? Nanti kulit jadi kering, dong. Tetap pakai lotion untuk mengawal kelembapan di permukaan kulit. Tidak perlu memakai lotion yang ‘berat’ dan berminyak bila malas.

Kamu dapat memilih lightweight lotion khusus guna musim panas. Ada pun lotion format gel yang seringkali direkomendasikan untuk semua pemakai hijab. Biasanya pelembap laksana ini telah dilengkapi dengan cooling agent dan diramu dengan rumus yang tidak lengket di kulit.

Siapkan infused water
Cuaca panas buat kita lebih cepat haus. Bagi mengatasinya pasti saja mesti diimbangi dengan konsumsi cairan, sampai-sampai tubuh tidak akan merasakan dehidrasi.

Untuk udara panas, enaknya memang minum yang dingin-dingin. Tapi tidak boleh kebanyakan santap es krim atau minuman bersoda andai tak hendak berat badan bertambah.

Sebagai gantinya siapkan saja infused water dengan bahan-bahan yang anda sukai. Misalnya saja irisan lemon, daun mint, potongan stroberi, kiwi, atau apel. Sajikan dengan es batu supaya terasa semakin segar.

Baca Juga :

Perusahaan Apple Batalkan Tambahan Pesanan iPhone XR

Apple Batalkan Tambahan Pesanan iPhone XR – Apple mengurungkan tambahan pesanan buatan iPhone XR. Dilansir dari Reuters, Apple sudah mengatakan untuk Foxconn dan Pegatron sebagai perakit smartphone bahwa mereka bakal menghentikan rencana jalur buatan tambahan guna iPhone XR.

Kabar ini kesatu kali dikabarkan oleh Nikkei. Tak lama sesudah kabar tersebut, saham Apple langsung anjlok 4 persen. Pasalnya, hadir kekhawatiran iPhone termurah dari tiga tipe ini merasakan pelemahan pesanan sesudah meluncur ke pasaran.

Nikkei juga sempat mengabarkan Apple pun meminta perakit iPhone yang lebih kecil yaitu Wistron guna bersiap-siap guna pesanan mendadak. Tetapi perusahaan tersebut tidak bakal menerima pesanan guna iPhone XR musim ini.

“Untuk Foxconn, kesatu kali disiapkan nyaris 60 lini perakitan guna model XR Apple, namun baru-baru ini melulu menggunakan selama 45 lini produksi sebab pelanggan utamanya menuliskan tidak butuh memproduksi yang tidak sedikit sekarang,” kata Nikkei mengutip satu sumber.

Apple dirasakan sebagai pelanggan terbesar guna Foxconn, yang secara sah dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry Co.

Pada 2016, Apple mengenalkan iPhone yang lebih murah yang dinamakan SE, dengan harga mula US$399 (Rp5,9 juta) namun gagal memikat lebih tidak sedikit pelanggan untuk melakukan pembelian produk itu.

Sumber : https://www.sekolahan.co.id/

Cara Menanam Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan

Cara Menanam Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan

Tentu tidak menyangka cabai yang biasanya untuk bumbu masakan jadi warna-warni dan menghiasi pekarangan rumah, cabai ini tidak untuk di konsumsi tapi untuk hiasan saja. Dari sejarah cabai bisa warna-warni, ini berasal dari Amerika selatan, cabai rawit biasa jadi warna-warni sebab rekayasa genetik yang kemudian beroleh warna terhadap buah yang beragam. Namun bukan Amerika Selatan saja, ada terhitung yang menyebutkan dari Brasil. Cabai ini memiliki nama asli “Bolivian Rainbow” yang khusus untuk tanaman hias, type cabai hias udah banyak tersebar di toko pertanian atau kamu bisa membeli di toko online.

Cara Menanam Cabe hias pelangi untuk hiasan pekarangan

Cabai warna-warni ini memiliki kepedasan maksimal 30.000 SHU. Di bandingkan bersama dengan cabai rawit terhadap biasanya memiliki tingkat kepedasan yang jauh dan benar-benar pedas, cabai rawit hijau memiliki level kepedasan 50,000 hingga 100,000 SHU. Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa cabai untuk type hias tidak untuk konsumsi sebab di samping tidak pedas terhadap faktor rasa dan aroma tidak enak layaknya cabai rawit hijau.

Ada tahapan didalam faktor warna sebab terhadap fase perkembangan buah memiliki level warna dan faktor perubahan. Rainbow terhadap dasarnya memiliki 4 warna basic yakni ungu, kuning, oranye dan merah. Tanaman ini benar-benar sesuai untuk di tanam di pot atau polybag sebab berukuran kecil dan mungil.
Dari faktor perawatanpun tidak sulit, tanaman cabai warna-warni terbilang benar-benar mudah didalam perawatan sebab memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, tapi tidak menutup barangkali tanaman cabai bisa terserang.

Media Tanam

Yang harus kamu siapkan pertamakali untuk menanamnya adalah media. Biasanya cabai suka terhadap tanah yang gembur, subur dan memiliki kandungan humus. Media tanah bisa kamu buat sendiri bersama dengan memadukan tanah, arang sekam, pasir, pakis kering, pupuk organik bersama dengan di campur secara homogen.

Tambahan Hiasan Pot

Jika dambakan lebih menarik setelah media kita udah siap tanam, kita sarankan terhadap polybag di tambahkan hiasan yang unik layaknya di berikan warna terhadap pot dan wujud pot yang unik sesuai kreasi kamu dan jangan lupa berikan lubang terhadap bagian bawah pot untuk air mengalir.

Persemaian Untuk Benih

Siapkan persemaian untuk bibit cabai warna-warni anda. Pilih biji cabai bersama dengan merendam bersama dengan air hangat kurang lebih 3 – 4 jam tujuanya supaya menyingkirkan dormansi biji, setelah biji di rendam baru bisa di semai dan siram terhadap pagi dan siang hari.

Perawatan

Perhatikan perkembangan bibit, jangan hingga hama atau penyakit menyerang, sebab terhadap step ini rentang terhadap masalah layaknya ayam dan ternak lain yang bisa merusak. Sebaiknya persemaian terhadap area yang aman jauh dari ternak. Pada ukuran kisaran 10 cm bisa di semaikan. Pada transplanting atau memindahkan persemaian, kamu harus hati-hati sebab batang mudah patah dan akar mudah putus.

Jika udah di tanam usahakan jangan terkena matahari langsung sebab cabai warna-warni akan layu, dan untuk perawatan seterusnya kamu hanya menyiram dan menambahkan unsur hara terhadap tanaman terhadap umur 1 bulan bersama dengan di berikan NPK 1 gram, penyiraman teratur 1 hari 2x terhadap sore hari dan pagi hari, supaya lebih bagus siram terhadap bagian pucuk hingga pangkal batang sebab akan lebih baik hasilnya.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/

Cara menyebabkan pakan alternatif untuk ayam agar cepat besar

Cara menyebabkan pakan alternatif untuk ayam agar cepat besar

Pakan ayam salahsatu syarat dalam budidaya ayam yang harus diperhatikan dan ikut serta dalam kesuksesan anda dalam raih hasil yang maksimal. Namun untuk pakan kadang kita belanja bersama kuantitas harga yang mahal dan pasti itu banyak sekali dikeluhkan oleh banyak peternak. Harga pakan yang naik tidak dibarengi bersama harga ayam per potong, harga ayam selalu saja tidak naik walau harga pakan sangat mahal. Agar kita tidak rugi dan selalu dapat berbudidaya ayam maka kita harus mengakali bersama pakan alternatif dan meramu pakan buatan sendiri, untuk menekan kuantitas harga yang mahal.

pakan alternatif untuk ayam agar cepat besar

Cara ini sangat efisien untuk anda yang tengah budidaya ayam kampung, ayam negri, dan tipe ayam lainnya. Selain menghemat ongkos yang kita keluarkan pakan alternatif juga banyak sekali fungsinya, seperti menambah nafsu makan ayam, tahan pada penyakit, menambah produktifitas telur ayam kampung, menambah bobot ayam pedaging dan tetap banyak lagi.

Dalam menyebabkan pakan alternatif ayam kampung ini dibutuhkan bahan-bahan utama serta bahan tambahan yang menjadi kunci untuk menekan ongkos pakan untuk ayam kampung, bahan-bahan yang digunakan ini saya kira tidak sangat susah untuk ditemukan gara-gara saya percaya bahan tersebut dapat mudah ditemukan ditempat kalian, untuk selengkapnya mengenai bahan yang digunakan dapat melihatnya dibawah ini.

Anda butuh bahan – bahan untuk memulai pembuatan pakan, dan saya rasa anda dapat mencarinya disekitar anda tinggal, tersebut ini adalah lebih dari satu bahan dan cara mebuatannya.

Cara menyebabkan pakan alternatif untuk ayam kampung

Pohon talas
Pohon talas tersebar di Indonesia dan sudah pasti anda akan mudah memperoleh bahan ini, mengfungsikan umbi talas sesudah itu anda cingcang sampai halus, anggota batang dan daun juga dapat diberikan kepada ayam bersama cara yang serupa yakni mencingcangnya, yang tidak boleh diberikan adalah anggota akar pohon talasnya. Anda dapat mencampurkan umbi, batang dan daun talas untuk dijadikan pakan.

Beras dolog atau catu
Anda sudah pasti mengetahui mengenai beras dolog atau catu beras tipe ini relatif lebih murah dibandingkan bersama tipe beras pada umumnya, jikalau anda memberli beras ini pasti lebih murah dari pakan yang biasanya anda beli.

Dedak bekatul
Didapat dari pabrik penggiling beras, anda dapat membelinya disana. Dedak tersedia dua tipe yakni yang halus dan yang kasar, anda dapat mengfungsikan dedak halus untuk pakan ayam tapi dedak kasar juga dapat digunakan tapi jangan sangat banyak.

Tepung tulang
Tepung tulang dapat anda dapatkan ditoko perternakan terdekat, sesungguhnya bahan ini tidak sangat dibutuhkan, tapi jikalau anda menyebabkan pakan untuk ayam petelur anda harus menambahkannya. Tepung tulang kaya akan nutrisi untuk pakan, menjadi sebaiknya anda tambahkan untuk memperkaya persentase gizi untuk ayam.

Definisi dan karakteristik Organisasi (Tinjauan Teoritis)

Definisi dan karakteristik Organisasi (Tinjauan Teoritis)

karakteristik Organisasi

 

Definisi Organisasi
Dalam buku Abdul Azis Wahab (2008:2-3) beberapa pendapat mengenai definisi organisasi adalah sebagai berikut:
  1. Hicks dan gullet, 1976:22 mengemukakan definisi berdasarkan lima fakta yang umum terdapat pada setiap organisasi adalah sebagai berikut: 1) Organisasi selalu berikan orang-orang; 2) Orang-orang tersebut saling terlibat dan melalui cara-cara  tertentu  mereka itu saling berinteraksi; 3) Interaksi-interaksi tersebut selalu dilakukan secara teratur atau ditentukan oleh sejenis struktur; 4) Semua orang dalam organisasi  mempunyai tujuan –tujuan pribadi dan beberapa diantaranya itulah mendasari tindakan-tindakan mereka. Setiap orang mengharapkan bahwa partisipasi mereka dalam organisasi akan membantu mencapai tujuan tujuan-tujuan individu; 5) Interaksi-interaksi tersebut dapat juga membantu mencapai tujuan-tujuan yang memiliki keterkaitan yang mungkin berbeda tetapi berhubungan dengan tujuan-tujuan pribadi.
  2. Chester I Bernard mengemukakan organisasi adalah suatu sistem kerja sama (Cooperative activies) antara dua orang atau lebih.
  3. Gibson (2005:5) berpendapat mengenai organisasi bahwa: Organisasi  adalah unit yang dikoordinasikan  dan berisi paling  tidak dua orang atau lebih yang fungsinya adalah untuk mencapai tujuan bersama atau seperangkat tujuan bersama.
  4. Moorehead dan Griffin (1989:392) mengatakan bahwa : Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan.
  5. Robinns (1998:4) menjelaskan bahwa organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar yang berfungsi secara relative terus menerus untuk mencapai tujuan bersama atau seperangkat tujuan.

Ada beberapa pendapat lain mengenai organisasi diantaranya adalah:
  1. Menurut Ernest Dale : Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
  2. Menurut Cyril Soffer: Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
  3. Menurut Kast & Rosenzweig: Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
  4. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  5. James D Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  6. Chester I Bernand berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  7. Stephan P Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Dari berbabagai pendapat di atas penulis dapat disimpulkan bahwa: Organisasi adalah sebuah wadah kesatuan sosial yang secara sadar dibentuk oleh sekelompok manusia yang didalamnya saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Karakteristik  Organisasi
Abdul Azis Wahab (2008:4) menjelaskan beberapa karakteristik dari organisasi diantaranya adalah 1) Sebuah entitas sosial; 2) Bertujuan atau diarahkan oleh tujuan (goal directed) 3) Memiliki sistem kegiatan terstruktur yang disengaja dan; 4) dengan batas-batas yang jelas. Sedangkan menurut Gerlof (1998:6) karakteristik dari sebuah organiasi yaitu : 1) Tujuan; 2) Orang; 3) Rencana.
Sedangkan beberapa pendapat lain mengenai karakteristik organisasi adalah:
  1. Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
  2. Dikembangkan untuk mencapai tujuan
  3. Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
  4. Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

Asal muasal organisasi

Secara sosial filosofis; Organisasi ada karena diadakan oleh manusia (individu dan kelompok). Dan mengapa diadakan dikarenakan
  1. Sifat dan kodrat manusia sebagai mahluk sosial
  2. Karena banyak hal (tujuan) yang hanya dapat dilakukan secara bersama-sama melalui sebuah wadah atau organisasi.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
(Organisasi tidak aka ada jika tidak ada manusia dan keinginan)
Abdul Azis Wahab (2008) Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta,
Boone, Louis E and Bowen Donal D. (19980) The Great Writing In Management and Organizational Behavior, Tulsa: PennWell Books.
D.K Hart dan W.G Scoott. 1972. Academy of Management Journal.
Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. (1984). Sociology. Edisi keenam. International Student Edition. Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.Hlm. 89
Keith Davis, Human Relations at Work, (New York, San Francisco, Toronto, London: 1962).Hlm.15-19
Leonard I. Pearlin and Melvin I. 1966. American Sociological Review.
Ostroff, 2004. The Horizontal Organization. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

 

Keunggulan Huawei Nova 2 Lite

Keunggulan Huawei Nova 2 Lite

Beberapa pas yang selanjutnya atau tepatnya pada 25 April 2018, Huawei secara resmi memperkenalkan seri smartphone paling baru Nova 2 Lite. Smartphone yang ditujukan untuk segmen entry level ini hanya dibanderol seharga Rp2.599.000. Seperti apa kehebatan smartphone penerus Nova 2i ini? Berikut adalah review-nya.

Keunggulan Huawei Nova 2 Lite

Desain

Saat memegang pertama kali, smartphone ini memadai sedap digenggam dan bobotnya terhitung ringan, hanya 155 gram berkat material metal dan plastik yang digunakannya. Bodinya yang agak licin ini terhitung mempermudah pas ingin disimpan di saku celana.

Di Indonesia, nova 2 lite punyai dua pilihan warna, yaitu Hitam dan Biru. Unit yang kita liat ini berwama hitam, kita anjurkan untuk gunakan kasing karena ke-2 varian selanjutnya tergolong fingerprint magnet, apalagi untuk pilihan warna biru.

Jika dicermati sekilas, anggota depan Nova 2 Lite tidak beda jauh dengan nova 2i. Di anggota atasnya earpiece, lampu flash, kamera depan dan juga LED notifikasi di sebelahnya.

Sedangkan anggota bawahnya hanya tercetak logo Huawei dengan penempatan tombol navigasi di didalam layar. Huawei terhitung masih sedia kan jack audio 3,5 mm yang ditempatkan bersebelahan dengan port microUSB dan speaker.

Beralih ke anggota belakang, terdapat modul kamera ganda berupa horizontal yang menyatu dengan flash, sensor fingerprint di sedang bodi dan juga logo Huawei di anggota bawahnya. Tombol volume dan power berada di sisi kanan, sedang sisi kiri mampu diisi dengan dua kartu SIM dan microSD yang aktif bersamaan.

Berlanjut ke layar, sebagai penerus nova 2i, nova 2 lite sama-sama gunakan layar full view yang punyai faktor rasio 18:9. Layarnya yang 5,99 inci ditunjang dengan panel IPS beresolusi HD+ 720 x 1.440 piksel.

Baik penggunaan di didalam maupun luar ruangan layarnya mampu menampilkan object dan warna yang tajam. Hanya saja, fitur auto brightnessnya agak kurang cepat respon pada pergantian cahaya. Sehingga sering kadang kita kudu menyesuaikan tingkat kecerahan secara manual.

Meski tergolong smartphone yang baru datang di Indonesia, unit yang kita liat udah gunakan tampilan EMUI 8.0.0 yang berbasis Android 8.0 Oreo. Dengan penggunaan standar, biasanya user interface-nya memakan lebih dari 60 persen RAM, atau sekitar 1,7 GB.

Nova 2 Lite tidak punyai App Drawer, sehingga seluruh aplikasi yang di-download dapat langsung masuk ke homescreen. Saat Anda memijit dua arah di halaman yang kosong, terdapat pengaturan untuk merubah wallpaper, widget, transisi dan juga mengaktifkan fitur HiBoard bawaan Huawei.

Setidaknya ada tiga fitur unggulan di Nova 2 Lite, antara lain dual Bluetooth connectivity untuk mampu membuka dengan dua perangkat Bluetooth, WiFi Bridge untuk membagikan hotspot meski kita sedang membuka ke suatu jaringan WiFi dan satu fitur yang disukai gamer, yaitu Game Suite.

Game Suite dapat mengidentifikasi otomatis daftar game yang udah terinstall di smartphone. Pada pengaturan performance, Anda mampu pilih opsi Gaming mode sehingga performa smartphone pas digunakan bermain game tidak turun, hanya saja mengkonsumsi dayanya dapat bertambah. Serta uninterrupted gaming sehingga tidak terganggu oleh segala notifikasi jikalau alarm, telepon dan baterai.

Untuk keamanannya, tidak cuman udah menyematkan fitur keamanan standar seperti fingerprint, password dan PIN, Anda terhitung mampu memberi tambahan pemindai wajah untuk membuka kuncinya. Menurut kami, fitur face unlock-nya punyai respon yang biasa-biasa saja dan tidak amat efektif pas digunakan di ruangan minim cahaya.

Jika umumnya fingerprint hanya mampu digunakan untuk membuka kunci saja, di Nova 2 Lite, Anda mampu melakukan hal lain, seperti mengambil foto dan video, menjawab panggilan telepon, men-stop alarm, menampilkan panel notifikasi dan mempermudah pas menjelajahi galeri. Semua fitur selanjutnya mampu Anda aktifkan secara manual pada menu Fingerprint ID di Setting.

Kemudahan lain yang di tawarkan Nova 2 Lite adalah Pin App Shortcuts dan One Touch Access. Layaknya 3D Touch di perangkat Apple, Anda mampu menghidupkan menu lain yang ada di salah satu aplikasi.

Hebatnya, menu selanjutnya mampu langsung Anda membuat shortcut-nya untuk ditempatkan di home screen. Sedangkan fitur One Touch Access untuk menghidupkan tombol Assistive Touch yang mampu digunakan sebagai pengganti bar navigasi.

Hardware

Dibuat untuk pengguna pemula, Huawei Nova 2 Lite ditenagai chipset Qualcomm snapdragon 430 delapan inti 1,4 GHz yang dipadu dengan pengolah grafis Adreno 505. Punya RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, menurut kita performa yang di tawarkan memadai memuaskan. Ketika diuji benchmark dengan AnTuTu versi 7, Nova 2 Lite sukses memeroleh skor keseluruhan 58 ribu poin.

Ketika diuji bermain game enteng seperti Mobile Legends, Clash Royale dan Arena of Valor masih mampu berlangsung pada grafis low sampai medium. Sedangkan game kelas menengah seperti PUBG Mobile, Lineage 2 Revolution dan Vainglory masih mampu berlangsung dengan grafis low, tapi beberapa kali lag dan tidak jarang terhitung force close akibat overheat.

Beralih ke baterai, Huawei Nova 2 Lite dibekali baterai tanam Li-ion sebesar 3.000 mAh. Untuk pengisian kekuatan dari kosong sampai penuh gunakan charger bawaan setidaknya memerlukan pas tiga jam karena smartphone ini tidak punyai fitur fast charging.

Untuk penggunaan sehari-hari seperti membuka sosial media, chatting, lihat YouTube dan bermain game sesekali, screen on time yang didapat raih 4,5 jam. Agar kekuatan tahan baterainya lebih lama lagi, Huawei udah sedia kan fitur Power Saving Mode untuk menghambat kesibukan aplikasi di background dan Ultra Power Saving Mode untuk pilih aplikasi apa saja yang boleh berjalan.

Nova 2 Lite punyai satu buah speaker yang terletak di anggota bawah. Peletakan speaker selanjutnya memadai baik, karena tidak tertutup tangan pas digunakan didalam posisi landscape. Ada terhitung fitur Huawei Histen untuk menyesuaikan Equalizer dan 3D audio, tapi fitur ini hanya mampu diaktifkan pas gunakan headset saja.

Kamera

Masuk ke segmen fotografi, Nova 2 Lite dibekali tiga modul kamera dengan konfigurasi dua lensa 13 MP + 2 MP untuk kamera belakang dan satu kamera selfie beresolusi 8 MP.

Fitur unggulan di kamera belakangnya adalah Wide Aperture dan Beautify. Fitur ini sangat mungkin pengguna untuk mengambil suatu gambar dan mengedit ulang titik fokusnya dengan aperture yang mampu diatur, terasa dari 1 sampai 7. Semakin rendah aperture, maka gambar latar belakang dapat makin lama blur.

Sedangkan fitur Beautify-nya mampu diatur sampai sepuluh tingkatan. Namun kita anjurkan untuk gunakan sampai maksimal enam tingkat saja sehingga hasilnya tidak amat berlainan jauh dengan aslinya.

Saat slide ke samping, Anda mampu mendapatkan beberapa mode lain yang mampu digunakan, seperti HDR untuk menghasilkan gambar yang kaya warna, video 1.080p, Panorama, Filter, Watermark, Document Scan dan Good Food untuk penggila kuliner fotografi.

Menurut kami, kameranya mampu menghasilkan gambar tajam pas digunakan di tempat yang banyak cahaya. Namun sebaliknya pas foto di tempat dengan sinar terbatas, lebih banyak noise dan sedikit blur. Tidak terdapatnya fitur manual mode terhitung agaknya memadai menyusahkan jikalau Anda ingin menghasilkan foto yang ingin diatur cocok selera.

Berlanjut ke kamera depan, ada fitur beautify dengan 10 tingkat kecantikan. Jika ingin selfie di tempat gelap, udah di sajikan tombol LED Flash yang mampu diaktifkan auto ataupun manual. Sedangkan untuk mode-mode lain yang disugukan seperti Panorama, video 720p, filter dan watermark.

Kesimpulan

Nova 2 lite yang dibanderol seharga Rp2.599.000 belum memberi tambahan fitur yang tergolong “wah” dibanding smartphone dengan retang harga yang sama. Meski begitu, keunggulan fitur Wide Aperture untuk menghasilkan dampak bokeh melalui kamera belakangnya mampu jadi salah satu alasan untuk belanja smartphone ini. https://www.caraflashandroid.com/cara-hack-wifi-di-android/